Waktu yang tepat untuk Beli Properti

Standard

Saya kembali mengingat pelajaran ketika masih duduk di bangku Panangian School of Property (PSP) salah satu pengajarnya mengatakan, trick untuk mendapatkan keuntungan di properti dapat dibaca siklusnya, benarkah demikian.??

Menurut pengajar PSP siklus nilai properti seperti perputaran hari, ada pagi, siang, sore, malam, lalu pagi lagi, siang sore malam, dan seterusnya. Maksudnya apa? Logika simpelnya pagi Sun Rise matahari terbit, identik dengan? Harapan baru, peluang baru, hidup baru, dll. Sun set? Matahari terbenam, identik dengan? Tutup toko, kegiatan usaha dilanjutkan esok hari, pulang kerumah, dan lain lain. Sama seperti siklus properti ketika Siang hari saat yang tepat untuk jual properti, ketika sore sampai malam hari adalah saat yang tepat untuk beli properti.

Dapatkah anda membaca itu dan merelasikan hal tersebut terhadap dunia properti? 

Memang siklus ini banyak yang meramalkan gelombang naik turunnya biasanya per 5 tahun, jadi prosesnya 5 tahun naik 5 tahun turun, contoh sekarang tahun ke-0 maka diprediksi tahun ke 5 adalah puncak dan tahun ke 10 adalah titik terendah, namun ini hanya perkiraan benarkah siklusnya 5 tahunan? Perlu dilakukan penelitian lebih mendalam, kenapa? Karena banyak sekali penyebab terjadinya pertumbuhan dan penurunan usaha di bidang properti, jadi menyambung contoh siklus di atas bisa di katakan tahun ke 0-5 adalah pagi ke siang, tahun ke 5-10 adalah sore ke malam. 

Lalu apa hubungannya dengan membeli properti di waktu yang tepat?

Ini sering sekali disampaikan oleh ayah saya -my mentor- “untung itu didapat saat kamu membeli“. 

Berdasarkan data historikal Salah besar jika (banyak) orang berpikir berinvestasi di properti bisa mendapatkan gain berlipat lipat dalam hitungan bulan.

Mungkin ada beberapa orang yang berhasil melakukan ini namun diperlukan modal dan pengalaman yang benar dalam melakukan hal tersebut, dan biasanya pola seperti ini penuh dengan spekulasi. Spekulasi di bisnis properti hanya dapat dilakukan ketika jam properti berada di pagi hari jadi di siklus pagi hari anda bisa membeli properti mahal dan menjualnya lebih mahal lagi. Namun ketika siklus properti menunjukkan sore hari itu adalah waktu yang tepat untuk membeli properti, karena bakal banyak properti harga diskon dan promo super menarik baik untuk investor maupun end user.

Normalnya investasi properti adalah dalam hitungan tahun minimal 2 tahun dan kenaikan harganya juga tergantung situasi ekonomi makro.

Jika ekonomi makro lesu maka dunia properti pun akan lesu, jika ekonomi makro menunjukkan geliat yang baik maka dunia properti pun akan mengalami peningkatan yang signifikan.

Sehingga diperlukan kejelian seorang investor yang baik, disaat ekonomi makro lesu adalah saatnya hunting properti, sedangkan saat ekonomi makro bergairah maka itulah saatnya menjual properti dengan nilai tinggi. 

Faktor yang mempengaruhi siklus dunia properti itu apa aja sih? Bunga Bank Sentral ( BI Rate ), Peraturan Perbankan (pengetatan KPR), Peraturan Pemerintah di Bidang Properti (Pajak, pengetatan alur transaksi , penjualan kepada asing), Nilai Tukar Rupiah terhadap dolar (banyak bahan material impor), Situasi Politik Nasional, Situasi Poltik Lokal, Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Peningkatan Kelas Menengah, Pertumbuhan Penduduk umur Produktif mempengaruhi keperluan akan hunian. 

Masih banyak lagi mungkin yang belum tertulis, namun dengan kejelian kita membaca situasi ekonomi makro maka saya yakin anda akan mendapatkan keuntungan maksimal dari properti yang anda beli. 

Jika ada yang bertanya kalo 2015 gimana? Sekarang saat yang paling tepat untuk membeli properti, karena banyak sekali akan anda temukan promo dan diskon menarik tahun ini, 

Lalu sunrisenya kapan? Properti yang mampu anda beli tahun ini anda petik keuntungannya tahun 2017.

Tunggu Apa Lagi? Namun perlu diingat beli properti pasti perlu modal, jangan mudah dihasut ya… Hehehe.. (Baca post saya – mulai usaha ga usah pikir BEP)

Semoga Bermanfaat

Gede Semadi Putra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s