Kalau Memang Mahal kenapa mesti dijual murah?

Standard

Di Negara kita seolah ada budaya yang melekat sangat ingin harga murah padahal belum tentu berkualitas. Contohnya saja barang-barang yang diimpor dari negeri tiongkok, kesannya hampir pasti barang made in china paling ga sampai setahun juga rusak, pernah kan denger pernyataan ini? Terus kenapa cari yang murah?

Kembali mengulas barang impor tersebut, sebenernya salahnya siapa? Yang beli atau yang jual? Ya jelas salahnya yang mau beli barang itu. Karena ada paradoks mau murah tidak bisa bagus dan cepat, mau cepat tidak bisa murah dan bagus dan mau bagus tidak bisa murah dan cepat.

Jadi ketika anda memutuskan untuk membeli sadarlah keputusan yang akan anda ambil akan mempengaruhi kualitas barang yang akan anda beli. Hal tersebut merupakan sebuah timbal balik dari keputusan anda. Seperti yang dapat dilihat di gambar di atas.

Ketika kita memilih Cepat dan Murah maka kualitas yang didapat  akan sangat rendah sekali. Ketika kita memilih Murah dan Bagus maka barang/jasa yang anda inginkan tidak jelas kapan selesainya. Lain halnya ketika kita memilih barang/jasa yang Cepat dan Bagus, disini harganya biasanya sesuai dengan pekerjaan dan kualitasnya pun akan dikejar oleh penyedia jasa tersebut.

Barang atau Jasa yang memiliki pemikiran dan kreativitas tingkat tinggi tidak seharusnya di obral begitu saja dan hanya berpikiran untuk memperoleh pendapatan. Begitu trend ini terjadi maka kualitas akan menjadi nomor ke sekian.

Bisa dicontohkan Apple dengan PC lainnya, Apple begitu mengutamakan kualitas barang yang dijualnya sedangkan PC mengutamakan harga yang terjangkau. Memang dua-duanya pun memiliki keunggulan masing-masing di pasaran. Apple harga mahal kali sedikit vs PC harga murah kali banyak. Keduanya memiliki strategi penjualan yang berbeda dan target pasarnya pun berbeda.

Sekarang saatnya kita mulai memilih kita berada di posisi yang mana? masihkah kita berupaya mencari yang termurah dengan memaksakan menerima kualitas yang lebih rendah? atau berani bayar lebih mahal ketika yang kita kejar adalah kualitas?

Semoga Bermanfaat

Gede Semadi Putra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s