Kamu adalah Siapa Guru atau Role Model-mu

Standard

Dalam kehidupan ini setiap orang akan berusaha menjadi seseorang yang dapat dijadikan guru atau dalam bahasa kerennya mentor atau role model. Tapi banyak pernyataan yang mengungkapkan “jadilah dirimu sendiri” mungkinkah seseorang menjadi dirinya sendiri? darimana kita tahu bahwa tindakan yang kita lakukan tidak meniru contoh yang sudah ada atau minimal merupakan hasil dari didikan seseorang atau bahkan tindakan yang pernah kita lihat dilakukan oleh guru kita?

Guru adalah seseorang yang dapat dijadikan acuan dalam hidup ini, tidak sedikit dari kita semua bahkan tidak menyadari segala tindakan atau keputusan yang kita lakukan atau ambil merupakan tindakan yang sama dengan apa yang sudah dilakukan guru kita.

Bahkan seseorang yang sangat atletis dan terkenal di dunia sepakbola seperti cristiano ronaldo atau yang sering disebut CR7 pun mengidamkan atau memiliki role model yaitu Luis Figo, dan dapat dikatakan dari sederetan bintang sepak bola yang maha terkenal bahkan harum namanya pun pasti memiliki seorang role model yang dijadikan acuan dan pedoman dalam melakukan tindakan dalam hidup ini.

Contoh tadi menunjukkan keberhasilan dalam dunia olehraga, Keberhasilan kita dalam kehidupan dan ekonomi sangat dipengaruhi oleh Guru yang kita tunjuk. Guru tersebut merupakan cara kita untuk mencapai sesuatu yang kita targetkan dalam hidup ini, biasanya pertanyaan mendasar yang pernah saya lakukan adalah:

“Apa sih yang dia kerjakan sampai dia bisa seperti itu?”

“Belajar dimana sih dia?”

“Bagaimana cara dia mengambil keputusan?”

“Tindakan apa yang dilakukan ketika terjadi ini/itu?”

Percayalah ketika kita mendapatkan atau sudah menunjuk role model dalam menjalani hidup ini maka segala tindakan akan lebih mudah. Guru atau role model tidak harus selalu orang yang terkenal bisa jadi orang terdekat anda, orang tua, kakek, nenek, saudara, teman, dan lain-lain.

Jikalaupun role model anda ternyata adalah orang terkenal usahakan yang sudah menerbitkan buku sehingga bisa anda baca buku tersebut dan memahami segala tindakan ataupun proses kesuksesannya. Karena setiap orang akan mengalami perjalanan yang berbeda-beda untuk menuju kesuksesan.

Maka jangan ragu untuk menunjuk seorang role model, pastikan segala hal positif dari role model itu dapat anda lakukan dalam hidup ini, karena tidak menutup kemungkinan bahwa mungkin saja anda adalah pengganti role model tersebut.

Semoga Bermanfaat,

Gede Semadi Putra

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s