Oemar Bakri yang Sudah Naik Gaji

Standard

Lagu oemar bakri terkenal mencerminkan kehidupan guru yg pas pas an. Lagu ciptaan Iwan Fals ini begitu terkenal pada zaman orde baru. Ceriteranya tentang para guru yang dikenal dengan pahlawan tanpa tanda jasa, dan memang benar-benar tanpa tanda jasa alias “gaji rendah”.

ditengah maraknya berita gaji menteri yg naik, ternyata gaji guru sudah naik duluan semenjak dinaikkannya anggaran pendidikan menjadi 20 persen dari total APBN. Tujuannya? Ya pasti meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh di setiap sudut negeri ini. Malahan yang sempat saya dengar dari beberapa guru yang berjabatan wakasek, gajinya sudah hampir 5juta per bulan. Bayangken, di saat para manager operasional perusahaan swasta bergaji 3juta, gaji wakasek sudah lebih dari itu.

Memang dengan anggaran pendidikan yg 20 persen dari APBN (kira-kira angkanya sebesar 200 triliun rupiah) otomatis salah satu harapan dari kegunaan dananya adalah untuk meningkatkan gaji guru yang selama ini disebut-sebut “Dikebiri” oleh Iwan Fals dalam lagunya. Tapi pertanyaannya adalah apakah mutu pendidikan sudah mengalami peningkatan?? Tentu yang dimaksud peningkatan mutu salah satunya adalah dengan menghasilkan siswa-siswi teladan yang mampu mewakili bangsa di berbagai perlombaan science dan Menang tentunya.

Serta tentu harapannya siswa-siswi negeri ini mampu bersikap kritis terhadap apapun itu situasi negeri kita, tidak hanya menuruti apapun kata gurunya seperti pendidikan yang masih berlaku di beberapa daerah di negara kita. Juga harapannya adalah siswa-siswi Indonesia menjadi lebih kreatif dalam berbagai bidang yang mampu membangkitkan martabat bangsa kita di mata dunia baik secara ekonomi, budaya, dll.

Pertanyaan kedua, masihkah guru-guru di sekolah negeri bersikap malas-malasan mendidik calon pemimpin bangsa kita?? Pasti salah satu dari pembaca mengalami periode belajar di masa kita dulu, yang kadang ada beberapa guru yang sikapnya malas-malasan dalam mengajar. Malahan tidak sedikit pula muridnya di biarkan tanpa guru dikelas akibat gurunya sedang melakukan kegiatan untuk dirinya sendiri. Bahkan ada pula guru yang sering terlambat mengajar para muridnya.

Yang saya sampaikan tadi hanya beberapa dari begitu banyak persoalan dalam dunia pendidikan kita. Jangan sampai gaji “Oemar Bakrie” sudah naik malah mutu pendidikan stagnan. Mau dibawa kmana bangsa ini dimasa yang akan datang…. Fiuhh..

One thought on “Oemar Bakri yang Sudah Naik Gaji

  1. Hi blogger, i must say you have very interesting posts here.
    Your blog should go viral. You need initial traffic boost only.
    How to get it? Search for; Mertiso’s tips go
    viral

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s