Apa sih Salahnya KPU??

Standard

Kisruh DPT yang sering didengungkan partai politk menjadi momok bagi KPU dalam penyelenggaraan Pilpres 2009. Apa yang sebenarnya salah dalam proses pemilihan kemaren yang memakan dana yang tidak sedikit pula. Dalam dialog ketua KPU dalam Save Our Nation di Metro TV 27 Mei 2009, Bapak Abdul Hafiz Anshary menyatakan KPU itu tidak bersalah dalam hal DPT. Lah kalo gini siapa dong yang salah?? Pemerintah yang dalam hal ini DepDaGri juga tidak mau dipersalahkan, dengan dalih bahwa sensus sudah lama berlalu.

Pak Anshary juga mempertahankan pendapatnya bahwa, KPU selalu berusaha memperbaiki DPT dengan cara memberikan kesempatan pada masyarakat yang belum terdaftar untuk melakukan pengurusan terhadap pendaftaran diri mereka untuk pilpres hingga tanggal 28 mei 2009. Nah kalo dengan begini semestinya rakyat yang ngga terdaftar ngga boleh rewel lagi sama masalah tidak terdaftarnya mereka di DPT, karena kan sudah dikasih kesempatan mendaftar.

Lagian kalo diliat dari segi tuduhan para partai politik tentang permasalahan DPT, keliatan sekali tidak terbukti karena memang buktinya juga belum jelas, kebenaran golput yang besar itu sebenarnya karena rakyat malas milih atau karena tidak terdaftar.?? Ini yang masih belum jelas sebabnya apa, karena selama ini yang masuk ke media juga cuman rakyat yang komplin aja, sedangkan masih banyak kok teman atau saudara saya sendiri ngaku mereka malas nyontreng karena calegnya ngga ada yang jelas. Ini jelas sekali terbukti bahwa KPU memang dari awal tidak berniat untuk melakukan kegiatan negatif yang memperburuk citra KPU. Namun apa daya pejabat pusat sudah berusaha maksimal tapi yang namanya manusia penuh dengan kekurangan, yang di daerah malah enak-enakan kerja santai dan tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan demi menghargai hukum.

Kemungkinan lain terjadinya golput yang begitu besar, menurut ketua KPU ini juga karena perubahan dari COBLOS ke CONTRENG. Memang dirinya sendiri pun mengakui kurangnya sosialisasi dari KPU ke masyarakat umum. Kejenuhan masyarakat dalam pemilihan langsung juga sangat mempengaruhi jumlah golput, karena sampai kades pun dipilih langsung gimana ngga jenuh, bayangin aja nanti nih di 2010 bakalan ada 2000an lebih pemilihan langsung, wuih gimana ngga banyak dinamika politik sampai di kalangan terbawah pemerintahan. Ini akan membuat masyarakat semakin jenuh dengan politik jika tidak di seimbangkan dengan kebijakan atau tindakan pemerintah yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Lama-lama rakyat bakaln golput semua, kan repot.

Selain itu masih banyak pula permasalahan pada pileg 2009 ini, dimulai dari nama caleg yang double, caleg yang meninggal dunia, caleg yang bermasalah secara hukum, caleg yang seharusnya terhapus di surat suara tapi tidak. Permasalahan ini memang harus selalu menjadi pembelajaran bagi KPU, memang kalau dilihat dari segi teknisnya, Pileg jauh akan lebih sulit dari Pilpres jika dilihat dari jumlah orang yang harus dipilih, tapi tetap saja tidak boleh ada kesempatan untuk kesalahan sedikitpun.

Nah mengenai anggaran yang luar biasa banyaknya, Ketua KPU ini menyatakan bahwa sebenarnya anggaran ini berasal dari anggota KPU sebelumnya yang menganggarkan 47.9 Triliun Rupiah. Ia pun menyatakan bahwa anggaran ini juga tidak semata-mata dari APBN saja, diperlukan dana pula dari APBD daerah. Nah, kalau untuk yang Pilpres baru total dari APBN, begitu kata Ketua KPU ini. Walaupun secara realita dana yang sebenarnya baru terpakai hingga saat ini adalah, 22.3 triliun Rupiah, mengingat belum berlangsungnya Pilpres 2009.

Anggaran yang luar biasa banyaknya ini sebenarnya mengacu pada keperluan, yaitu diperlukannya kira-kira 3 kali pemilihan umum langsung: Pemilihan Umum Legislatif, Pemilihan Umum Presiden Putaran 1 dan Putaran 2. Dana yang begitu besar ini sebagian besar digunakan untuk logistik dan honor. Lah kenapa honornya begitu besar?? Ketua KPU berdalih untuk tidak mau terjadi komisi pada KPU di daerah sehingga KPU benar-benar terlepas dari sistem kepemerintahan daerah, yang memang juga masih belum sepenuhnya bisa dilaksanakan.

Mengingat alur suara yang begitu jelas sekali Mulai dari TPS -> PPK -> Kecamatan -> Kab/Kota. Nah di jenjang terakhir ini lah, merupakan tempat yang rawan sekali terjadi penggelumbungan suara, gimana tidak?? para bupati dan walikota itu kan tidak semua dari partai yang sama, dan semua pasti membawa kepentingan masing-masing. Makany tidak mengherankan pula, banyak komplin dari saksi saksi partai tentang adanya pemaksaan pada saat pemilihan umum kemarin. Bahkan sampai ada yang mengisi surat suara yang kosong pada saat akhir penghitungan suara di TPS.

Maka dari itu terjadi peningkatan yang sangat drastis pada honor anggota KPPS yang sebelumnya hanya 50.000 menjadi 300.000. Kenapa naik 6x lipat?? kembali lagi, selain memang pemerintah daerah tidak menganggarkan untuk honor KPU, juga untuk menambah motivasi anti korupsi dan anti konspirasi dalam tubuh KPU.

Mengenai Anggaran IT yang di desas desuskan itu Ketua KPU ini menyatakan keheranannya pada berita yang begitu buruk terhadap hasil tender KPU di bidang IT, padahal katanya anggaran yang benar-benar terpakai untuk IT itu kira-kira 20 Milyar Rupiah, tidak mencapai ratusan milyar bahkan triliunan Rupiah. Bahkan sebenarnya hasil tender dari pengadaan jaringan itu juga cuman hanya 18.986.950 .000, dan sebelumnya justru ITB ikut berperan disini memberikan pertimbangan atas mana yang lebih cocok untuk digunakan oleh KPU.

Banyak sekali laporan ke KPU tentang pelanggaran yang dilakukan di daerah di tingkat kecamatan, Ketua KPU menyatakan banyaknya kejadian ini membuatnya membuat keputusan untuk mengganti perangkat KPU daerah yang bermasalah. Ini juga dilakukan untuk menjaga kredibilitas KPU dalam penyelenggaraan Pilpres Juli nanti.

Nah, Kenapa sih Ketua KPU waktu Pileg tgl 9 April ke Cikeas?? Ia menyatakan bahwa Anggota KPU memutuskan pada rapat pleno untuk melakukan peninjauan pada saat pencontrengan, memang saat itu anggota KPU dibagi menjadi tiga, pertama ke TPS presiden, kedua ke TPS WAPRES, ketiga ke TPS Ketua DPR RI. Jadi sebenarnya tidak ada muatan apapun sama sekali di dalamnya, dan ketua KPU ini juga menyatakan keengganannya dalam melanggar sumpah janjinya serta selalu bekerja berdasarkan kode etik KPU.

Nah berdasarkan apa yang disampaikan ketua KPU ini memang terlihat KPU tidak ingin membuat kesalahan dan selalu bekerja dengan dasar-dasar yang jelas. Jadi sebagai sebuah komis yang berhubungan langsung dengan partai-partai politik, pasti akan menerima kritikan ataupun sindiran  dan cibiran, walaupun sudah melakukan pekerjaannya dengan benar.

5 thoughts on “Apa sih Salahnya KPU??

  1. burhan

    iya nich..KPU gak salah2 amat kok. cuma masyarakat aja yg terkesan tdk aktif untuk mensukseskan pemilu..oia, thx yach dah mampir ke blog aku…

    Like

  2. dir88gun2

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Gak Jelas? 😐

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s